Kumpulan Tips dan Cara

Cara Mengatasi Perut Yang Mudah Lapar

Agar tubuh tetap sehat kita perlu makan dan minum dengan cara yang baik dan benar. Perut lapar merupakan sinyal alami yang menunjukkan bahwa tubuh sedang kita sedang membutuhkan makan. Akan tetapi apabila baru berselang sebentar saja dari makan cukup kok sudah merasa lapar, jangan-jangan ada yang salah dari cara kita makan dan dari apa yang kita makan. 
Agar kita bisa mengendalikan nafsu makan atau rasa lapar yang "membuta" bisa disimak tips atau cara mengatasi perut yang mudah lapar berikut ini:

1. Segera mengalihkan Perhatian Ketika Merasa Lapar

Hal pertama yang harus dilakukan ketika rasa lapar menyerang adalah mengalihkan perhatian. Jangan cuma terpaku pada rasa lapar, tapi berusahalah untuk melakukan aktivitas lain. Misal dengan mendengarkan mp3, mengobrol dengan teman, atau membaca buku.
Belum tentu apa yang kita rasakan adalah rasa lapar yang sesungguhnya. Bisa jadi hal tersebut merupakan rasa lapar yang disebabkan oleh stres atau frustrasi yang sebenarnya sekedar “keinginan buta”. Biasanya, rasa itu hanya akan berlangsung selama 10 menit. Kalau rasa ini menyerang, maka kita harus bersabar dulu. 

2. Makan Dengan Perlahan

Ketika makan, mungkin tidak kita sadari bahwa sebenarnya perut sudah terisi penuh. Salah satu penyebabnya adalah aktivitas makan yang terburu-buru. Otak butuh waktu sekitar 20 menit untuk menyadari bahwa perut sudah cukup terisi. Sebaiknya, makanlah dengan perlahan  dan berhentilah ketika perut sudah terisi kurang lebih 1/3 bagian. (1/3 bagian untuk minum dan 1/3 untuk bernafas)

3. Berhenti Dari Keharusan Belanja Camilan

Terkadang cara-cara ekstrem juga perlu dilakukan. Kita harus bisa menahan diri buat tidak membeli permen, cokelat, atau es krim ketika belanja bulanan. Boleh ‘ngemil’ Asalkan kita bisa mengontrol diri sendiri.

Ada kalanya kita tidak kuat menahan godaan buat ngemil. Cokelat, es krim, kentang goreng, atau pizza biasanya jadi favorit walaupun makanan-makanan itu tergolong junk food yang sebenarnya tidak baik buat kesehatan. Kalau memang sudah tidak tahan, pilihlah porsi yang lebih kecil dan pastikan kita tidak mengkonsumsi makanan-makanan itu setiap hari.

5. Menjaga Asupan Vitamin D

Kurangnya asupan vitamin D menjadi salah satu penyebab rasa lapar yang terus-menerus. Pasalnya, vitamin D berpengaruh pada kerja hormon leptin yang bertugas menjadi penanda bahwa perut sudah merasa kenyang. Vitamin D bisa diperoleh dari berbagai jenis ikan, termasuk salmon dan tuna. 

6. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Berbagai Macam Nutrisi

Kombinasi menu makanan memungkinkan tubuh mendapat berbagai jenis nutrisi sekaligus. Inilah yang membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

7. Tidur Siang Termasuk Solusi Yang Ampuh

Rasa lapar akan lebih sering muncul ketika sedang kelelahan. Pikiran kita memberi sugesti bahwa makanan bisa jadi sumber energi yang mengembalikan kebugaran tubuh. Padahal, satu-satunya cara yang paling tepat adalah tidur siang. Cara ini paling efektif untuk mengembalikan tenaga kita. 

8. Usahakan Agar Mulut Tetap Dalam Kondisi Segar

Kondisi mulut yang selalu segar lebih mungkin membuat kita malas makan. Apalagi jika kita harus beraktivitas di luar rumah dan bertemu banyak orang. Jadi, sangat disarankan supaya kita sering-sering sikat gigi atau pakai obat kumur.

9. Menjaga Diri Dari Stres

Stres termasuk pemicu utama kenapa kita gampang lapar. Pasalnya, makanan bisa menjadi layaknya ‘obat penenang’ ketika kita sedang stres. Makanan bisa membuat kita sejenak tenang dan melupakan masalah yang kita alami. Maka dari itu kita harus pintar-pintar mengendalikan diri. Jangan mudah tertekan atau stres ketika menghadapi masalah.
10. Memilih Makanan-Makanan Yang Sehat
Membiasakan mengkonsumsi makanan-makanan yang tepat dan sehat akan membuat kebiasaan ‘gampang lapar’ pelan-pelan terkikis. Beberapa makanan dicerna oleh tubuh dengan lambat, dan makanan-makanan berikut ini dapat membantu kita menurunkan berat badan dan tidak mudah lapar: 
a. Buah pir

Buah yang satu ini memiliki kandungan serat dan pektin yang lebih tinggi dari apel dan akan membantu menurunkan berat badan karena membuat kita kenyang lebih lama. Buah pir juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol serta memperlancar pencernaan. Untuk khasiat terbaik, makanalh buah pir berasama dengan kulitnya.

b. Jeruk

Jeruk banyak mengandung serat, pektin dan air, yang akan membuat perut terasa penuh lebih lama. Jeruk juga kaya akan Vitamin C dan dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Kita bisa mengonsumsinya sebelum makan untuk mengurangi nafsu makan.

c. Sup ayam atau sup sayur

Sup ayam memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Menu ini juga mengandung banyak air yang akan membuat kita merasa kenyang. Kita bisa mengonsumsi kolaborasi sup sayur dan sup ayam untuk mendapat kandungan gizi terbaik.

d. Alpukat

Alpukat sangat kaya akan serat, lemak baik, vitamin dan mineral. Kandungan-kandungan tersebut akan memenuhi rasa lapar kita. Mengonsumsi alpukat adalah salah satu cara untuk menekan nafsu makan kita.

e. Kentang dimakan dengan kulitnya

Makanlah kentang rebus bersama dengan kulitnya. Kulit kentang memiliki kandungan serat dan potassium. Kandungan dalam kulit kentang tersebut selain akan membuat kita cepat kenyang, juga bagus untuk kesehata jantung.

sumber ulasan: hipwee dan vemale
1 Comments