Kumpulan Tips dan Cara

Cara Ampuh Menghindari Kanker

Memang semua penyakit terjadi atas kehendak Tuhan. Akan tetapi Tuhan telah menciptakan hubungan kausalitas. Ada sebab ada akibat. Ada kanker, tentu ada penyebab atau faktor-faktor  yang mengantarkan kepada munculnya penyakit kanker.

Berdasarkan studi WHO 43 persen kanker dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, menjauhkan risiko dari penyebab kanker. Seperti kebiasaan merokok, perokok pasif, minuman beralkohol, obesitas, makanan cepat saji, dan perempuan yang tidak menyusui.

Kebanyakan perempuan di desa-desa yang merasa gengsi menyusui anaknya, mereka memberikan susu formula. Ini berisiko tinggi terkena kanker termasuk perempuan melahirkan di atas usia 35 tahun.

Untuk mencegah kanker dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, aktivitas berolahraga, pola gizi yang baik, mengelola stres dengan tepat dan benar, serta deteksi dini dengan memeriksakan diri. 

Menurut Lembaga Penyuluh Kanker Indonesia (LPKI) ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker. Berikut faktor-faktor  yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker yang perlu kita ketahui:

1. Bahan Kimia
Zat-zat yang terdapat pada asap rokok dapat menyebabkan berbagai jenis kanker pada perokok dan perokok pasif (orang bukan perokok yang tidak sengaja menghirup asap rokok orang lain) dalam jangka waktu yang lama. Bahan kimia untuk industri serta asap yang mengandung senyawa karbon dapat meningkatkan kemungkinan seorang pekerja industri menderita kanker.

2. Penyinaran yang berlebihan
Sinar ultra violet yang berasal dari matahari dapat menimbulkan kanker kulit. Sinar radio aktif, sinar X yang berlebihan atau sinar radiasi dapat menimbulkan kanker kulit dan leukemia.

3. Virus
Beberapa jenis virus berhubungan erat dengan perubahan sel normal menjadi sel kanker. Jenis virus ini disebut virus penyebab kanker atau virus onkogenik.

4. Hormon
Hormon adalah zat yang dihasilkan kelenjar tubuh yang fungsinya adalah mengatur kegiatan alat-alat tubuh dari selaput tertentu. Pada beberapa penelitian diketahui bahwa pemberian hormon tertentu secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan terjadinya beberapa jenis kanker seperti payudara, rahim, indung telur dan prostat (kelenjar kelamin pria).

5. Makanan
Zat atau bahan kimia yang terdapat pada makanan tertentu dapat menyebabkan timbulnya kanker misalnya makanan yang lama tersimpan dan berjamur dapat tercemar oleh aflatoxin. Aflatoxin adalah zat yang dihasilkan jamur Aspergillus Flavus yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker hati.


Sumber: 
Republika
Penyuluh LPKI

0 Comments