Kumpulan Tips dan Cara

Cara Mencairkan Daging Sapi Beku

Dibawah ini adalah beberapa cara yang aman dan tepat dari sahabathawa.com untuk mencairkan daging sapi beku:


1. Rendam Daging dalam Air yang Dingin
Dengan cara merendam daging sapi menggunakan air dingin akan terhindar dari bakteri dan kuman. Caranaya cukup dengan menyimpan daging sapi yang beku kedalam wadah kedap udara yang tidak bocor. Kemudian rendam kemasan daging sapi dalam air dingin. Air di ganti setiap 30 menit sekali. Dengan menggunakan proses ini daging sapi kemasan kecil bisa mencair sempurna dalam waktu 1 jam dan daging seberat sekitar 2 kg membutuhkan sekitar 2 s.d 3 jam. Yang perlu di ingat adalah jangan merendam daging lebih dari 4 jam.

2. Menyimpan dalam kulkas
Cara menyimpan daging di bagian kulkas yang lain selain di freezer merupakan cara yang paling baik untuk dilakukan, karena tentu dapat mencegah berkembangnya bakteri pada daging, tetepi dengan menggunakan metode seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Daging sapi cincang beku ataupun daging sapi tanpa tulang membutuhkan waktu semalaman untuk dapat mencair dengan sempurna. Apabila mencairkan daging sapi beku dengan tulangnya, membutuhkan waktu sekitar 2 hari untuk bisa mencair sempurna. Dan apabila daging sudah mulai mencair, sebaiknya diolah paling lambat 3 hari setelahnya.

3. Dicairkan dengan microwave
Pada Microwave biasanya ada fitur “defrost” dimana biasa digunakan untuk mencairkan daging sapi beku. Dan tentu hal ini bisa sangat membantu. Cara ini termasuk cara yang paling cepat. Tapi yang harus di ingat setelah dicairkan dengan microwave, daging sapi sebaiknya langsung diolah. Karena bisa saja sebagian daging mungkin sudah termasak saat dipanaskan dengan menggunakan microwave.

Selain cara mencairkan daging sapi beku seperti di atas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan juga seperti :
1.    Sebaiknya daging sapi beku yang telah dicairkan segera diolah dan hindari untuk dibekukan lagi.
2.    Hindari pada saat cairan yang keluar dari daging mencair agar tidak mengenai atau menempel pada piring, gelas, mangkok ataupun peralatan masak lainnya, karena cairan tersebut bisa mengkontaminasi masakan dan peralatan masak Anda dengan kuman dan bakteri.
Cara penanganan daging sapi mentah yang baik dan cermat untuk bahan masakan, tentu dapat  membantu menjaga kehigienisan masakan Anda. Sehingga masakan pun bisa terbebas dari  kuman dan bakteri sehingga aman dikonsumsi. Masakan yang Anda sajikan pun tidak hanya nikmat dan lezat tetapi juga sehat.

0 Comments