Kumpulan Tips dan Cara

Mempertahankan Fungsi Otak Lansia Dengan Jus Jeruk

Selain menyegarkan, jus jeruk juga disebut-sebut ampuh membantu orang-orang lanjut usia alias lansia untuk mempertahankan fungsi otaknya. Hal ini dikatakan para peneliti karena tingginya kandungan flavanoid pada jeruk.

Merujuk pada penelitian yang dilakukan sebelumnya, peneliti di Reading University yakin jika flavanoid bisa meningkatkan memori otak pada lansia melalui aktivasi jalur sinyal di hipokampus, bagian dari otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan menyimpan informasi.

Untuk penelitian ini, tim ilmuwan meminta 37 orang relawan berusia 60-81 tahun mengonsumsi 500 ml jus jeruk setiap hari selama delapan minggu. Para peserta yang terdiri dari 24 wanita dan 13 pria menunjukkan perbaikan signifikan terkait fungsi otak mereka.

"Pasca delapan minggu mengonsumsi jus jeruk, peserta menjalani pengukuran fungsi kognitif global yang terdiri dari uji memori, waktu reaksi, dan kefasihan lisan. Hasilnya, peserta mengalami peningkatan sebanyak 8 persen dan itu cukup luar biasa dalam waktu dua bulan," tutur salah satu peneliti Dr Daniel Lamport, dikutip dari Daily Mail, Selasa (19/5/2015).
Untuk pengukuran fungsi kognitif global, salah satu tes yang dilakukan yakni peserta diberi daftar 15 kata kemudian diminta mengulanginya dalam waktu 30 menit sesudahnya. Peningkatan fungsi otak sebesar 8 persen juga dialami ketika para peserta diminta menuliskan kembali daftar belanjaan yang beberapa waktu sebelumnya sudah diberikan.

Meski begitu, Lamport menegaskan bukan berarti semua orang harus rutin mengonsumsi jus jeruk. Hanya saja, seiring bertambahnya populasi lansia di dunia, setidaknya konsumsi jus jeruk bisa menjadi salah satu langkah sederhana untuk mempertahankan fungsi kognitif otak para lansia.

"Jus jeruk merupakan salah satu sumber flavanoid yang tinggi. Meskipun, Anda juga bisa mengonsumsi bahan makanan lain termasuk sayur dan buah yang juga kaya akan flavanoid. Sebab, kami menduga flavanoid berguna untuk meningkatkan aliran darah di otak, melindungi neuron terhadap kerusakan oksidatif, dan meningkatkan efisiensi neuron dalam mengirimkan sinyal," tulis Lamport dalam laporannya di American Journal of Clinical Nutrition.

Menurut Lamport, dimulai dari hal yang sederhana, maka kualitas hidup para lansia ke depannya bisa lebih baik. Ia juga menyarankan masyarakat untuk mulai memasukkan makanan kaya flavanoid ke dalam menu harian sebagai salah satu upaya untuk memperlambat penurunan fungsi kognitif otak di usia lanjut.


Sumber: detik.com
0 Comments